Beranda / Berita / Persiapan Pameran Batu Nisan Aceh

Persiapan Pameran Batu Nisan Aceh

  | Kamis, 06 April 2017 14:50 WIB


BANDA ACEH - Pengurus Museum Aceh, mempersiapan pameran bertema "Batu Nisan Aceh - Dan Sumbangannya Bagi Pengetahuan Sejarah Kebudayaan dan Peradaban Islam di Asia Tenggara", yang akan dilangsungkan di Museum Aceh, pada 9-16 Mei 2017.

Pameran enam hari ini dilaksanakan oleh Museum Negeri Aceh bersama Mapesa (Masyarakat Peduli Sejarah Aceh) dan BPCB

Batu nisan yang akan dipamerkan nantinya adalah warisan Kesultanan Lamuri, Samudra Pasai, dan Aceh Darussalam.

Selain pameran, bersamaan itu juga dibuat seminar tentang batu nisan Aceh dengan pemateri Dr Husaini Ibrahim, Taqiyuddin Muhammad, Deddy Sastria, dan seorang arkeolog dari Sumatra Utara.

Ketua Mapesa (Masyarakat Peduli Sejarah Aceh), Mizuar Mahdi Museum Aceh  telah menyerahkan foto dan teksnya, juga tulisan dan terjemahan dari 12 batang batu nisan Aceh yang telah dibawa dari Sekretariat Mapesa ke Museum Aceh dan ada beberapa batang batu nisan Aceh yang diselamatkan oleh Dr Husaini Ibrahim di rumahnya juga dibawa ke Museum Aceh untuk bahan pameran.

Pameran ini direncanakan dibuka oleh Gubernur Aceh, dan seminarnya akan dibuka oleh Dirjen Kepurbakalaan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Sebelumnya, Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyatakan segera mengeluarkan peraturan gubernur (Pergub) tentang Batu Nisan Aceh, dan mendaftarkan benda warisan dunia Islam dari peradaban Aceh tersebut di UNESCO sebagai benda warisan budaya dunia.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN